Skip to main content
Cara PemasanganTechnicalWhitepaper

Contoh Pemasangan Busa Peredam Suara Acourete Fiber

By 23 Maret, 2022Maret 29th, 2022No Comments

Definisi Peredam Suara

Sudah cukup familiar bukan dengan istilah “peredam suara”?

Seringkali orang salah paham maksud dari peredam suara. Kebanyakan dari kita mengira bahwa untuk mengendalikan kebisingan di sekitar kita adalah dengan menggunakan material peredam suara. Namun apakah istilah ini tepat? Baca selengkapnya penjelasan mengenai peredam suara di sini.

Peredam suara berasal dari kata sound dampening. Dampen sendiri berarti mengurangi. Jadi sound dampening berarti material yang berfungsi mengurangi suara. Baik itu mengurangi suara bising maupun mengurangi suara gema dalam ruang.

Material peredam suara sendiri terbagi lagi dari beberapa jenis yaitu material insulasi suara (sound insulation) dan material penyerap suara (absorber). Busa peredam suara dapat digunakan untuk keduanya.

Pada suatu ruangan, biasanya terdapat masalah mengenai kebisingan suara atau bisa juga terjadi masalah ruangan bergema. Namun, pada kasus tertentu bisa jadi ruangan memiliki dua masalah sekaligus, yaitu suara bocor dan suara pada ruangan bergema. Tentunya kita memiliki keinginan bahwa suara dari ruangan-ruangan seperti ruang rapat, ruang konferensi, studio rekaman, auditorium, hometheater, bahkan tempat tidur tidak bocor keluar ruangan atau sebaliknya bukan? Maka dari itu, sebelum dilakukan pembangunan, perlu perencanaan khusus untuk memasang sistem insulasi suara pada dinding ataupun langit-langit pada ruangan tersebut.

Mengatasi gema biasanya lebih mudah dari pada mengatasi kebisingan (dari segi konstruksi), karena material-material penyerap suara biasanya ter-ekspos baik di dinding maupun di langit-langit. Sehingga jika terjadi masalah gema atau semacamnya, kita bisa memasang panel akustik di dinding atau langit-langit sesuai perhitungan enjiner akustik. Berbeda dengan sistem insulasi suara (mengurangi kebisingan) yang pemasangannya di dalam dinding atau langit-langit. Jika ruangan telah dibangun, namun ternyata suara dapat bocor baik keluar maupun dari luar ke dalam, dinding, jendela, atau pintu perlu dibongkar untuk ditambahkan material insulasi suara ini.

Acourete Fiber – Peredam Suara Anti Gatal dan Rontok

Acourete Fiber adalah bahan busa peredam suara dengan densitas beragam mulai dari 300, 600, 800, dan 1000. Acourete Fiber terbuat dari anyaman serabut poly-propylene halus. Acourete Fiber memiliki kekuatan serap suara yang sama atau lebih baik dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 10 kali lebih tebal. Berwarna putih dengan lebar 1,5m dan tebal mulai dari 3mm.

Acourete Fiber telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

Contoh Pemasangan Busa Peredam Suara Acourete Fiber

Acourete Fiber ini bisa digunakan sebagai insulasi suara maupun penyerap suara (panel akustik). Berikut contoh-contoh pemasangannya.

1. Pemasangan Insulasi Suara Pada Mesin Cetak (Printer), Dispenser, dan CPU.

Suara berisik bukan hanya berasal dari transportasi atau obrolan manusia di luar ruangan, terkadang komponen-komponen di dalam ruangan seperti printer juga amat berisik dan mengganggu. Acourete Fiber dapat menjadi solusi kebisingan yang diakibatkan oleh mesin cetak ini. Selain itu bisa juga untuk menguranngi kebisingan pada dispenser dan CPU pada komputer. Cara pemasangannya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Tahap Pemasangan Acourete Fiber Pada Printer

Tahap Pemasangan Acourete Fiber Pada Dispenser dan CPU

2. Pengaplikasian Acourete Fiber 300 Pada Projek Ruang Simulator Pilot Pesawat Tempur Sukhoi di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, Makassar.

Ikuti cerita selengkapnya mengenai pemasangannya di sini.

Acourete Fiber 300 Pada Projek Ruang Simulator Pilot Pesawat Tempur Sukhoi

3. Pemasangan Acourete Fiber Pada Ruang Karaoke.

Pemasangan Acourete Fiber ini berguna untuk menginsulasi suara pada dinding sehingga suara dari dan ke dalam ruangan tidak bocor.

Pemasangan Acourete Fiber Pada Ruang Karaoke

4. Pemasangan Acourete Fiber Pada Home Theater.

Pemasangan Acourete Fiber sebagai material insulasi suara yang aman dan ramah lingkungan pada ruangan home theater. Ikuti cerita selengkapnya mengenai pembangunan home theater ini di sini.

Pemasangan Acourete Fiber Pada Home Theater

Ruangan Home Theater yang Telah Dipasang Soundproofing Acourete Fiber

5. Pemasangan Padded Wall Panel dari Acourete Fiber 1000

Acourete Fiber dapat dimanfaatkan sebagai komponen panel akustik atau padded wall yang kemudian dipasang pada dinding ruang audiophile (listening room) membuat kualitas suara pada ruangan semakin baik. Ikuti cerita selengkapnya mengenai pembangunan home theater ini di sini.

Padded Wall pada listening room

Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner.

Penulis: Ni’ma Rosyidah

23 Maret 2022

Up

Leave a Reply