Peredam Suara Terbaik Studio Musik Pribadi – Apartemen di Kempinski

Apakah membangun studio musik itu sulit?

Apakah peredam suara studio musik sangat penting diaplikasikan?

Membangun studio musik bisa dibilang susah-susah gampang ya, Sobat Akustik! Terdapat beberapa jenis instrumen yang memiliki karakteristik suara masing-masing. Misalnya drum yang menghasilkan getaran dan dentuman. Gitar, yang menghasilkan suara cukup keras, dan instrumen lainnya. Oleh karena itu, ada beberapa aspek yang perlu kita pahami terlebih dahulu sebelum membangun studio musik. Berikut di antaranya:

  1. Posisi ruang studio musik. Di lantai berapakah kita akan membangunnya? Basement, lantai dasar, atau di atas lantai dasar. Posisi studio musik memengaruhi treatment material akustik yang akan dipasang. Jika studio berada di basementtreatment  material peredam suaranya tidak terlalu banyak karena suara-suara yang dihasilkan tidak terlalu memaparkan kebisingan dan getaran ke ruangan lain. Paling berisiko adalah ketika berada pada posisi di atas lantai dasar, selain kebisingan, getaran pun bisa merambat ke ruangan lain melalui struktur bangunan.
  2. Bentuk studio musik. Sebaiknya jangan dibangun dalam ukuran berbentuk balok (memiliki sisi-sisi yang berhadapan), karena akan menimbulkan cacat akustik seperti flutter echo.
  3. Pemilihan jenis peredam suara studio musik. Sering Acourete tegaskan bahwa terdapat beberapa jenis peredam suara, yaitu insulasi suara, penyerap suara, penyebar suara, dan peredam getaran. Sesuaikan dengan kebutuhan ruangan studio musik sesuai porsinya. Jangan sampai terlalu banyak material akustik penyerap suara seperti busa peredam suara. Karena suara akan bersifat dead (mati). Yang kita inginkan ruangan bersifat live (hidup), bukan?
  4. Lebih baik konsultasikan pada ahlinya jika Anda merasa perlu bantuan dan ingin meminimalisir kesalahan dalam pembangunan studio musik.

Kali ini Acourete membantu dalam menyukseskan projek pembangunan studio musik pribadi di daerah Kempinski sebagai supplier material akustik untuk keperluan akustik pintu, plafon (langit-langit), dan lantai.

Di bawah ini adalah penampang pintu akustik pada studio musik pribadi tersebut (peredam suara studio musik di bagian pintu). Pintu akustik ini berguna agar suara dari dalam ruangan tidak bocor keluar ruangan atau sebaliknya. Oleh karena itu, pintu akustik diberikan lapisan material insulasi suara, Acourete Noise Armour.

Acourete Noise Armour merupakan bahan insulasi suara premium viskoelastis massa besar yang dilengkapi dengan perekat. Massa besar terbukti efektif mengurangi kebisingan suara yang berpropagasi pada medium udara sehingga diperoleh performa insulasi suara yang sangat tinggi yaitu STC 24. Sifat viskoelastis efektif mereduksi kebisingan akibat getaran pada struktur dan dinding partisi dengan koefisien peredam getaran mencapai ƞ 0.14.

Acourete Noise Armour memiliki densitas sebesar 2.000 kg/m3 dengan dimensi panjang 1.000 mm, lebar 1.000 mm, dan ketebalan 2 mm. Dilengkapi perekat yang kuat membuat pemasangan cepat dan mudah pada dinding partisi serta tahan lama. Acourete Noise Armour hadir menjawab tantangan bangunan hijau dan sehat dengan mengganti material PVC menjadi material Termoplastik Elastomer-Olefin yang lebih baik dan aman. Acourete Noise Armour telah memenuhi standar bangunan hijau internasional masa kini.

material insulasi suara tipis dan ampuh

Acourete Noise Armour

pintu akustik kedap suara

Acourete Noise Armour terpasang pada pintu akustik studio musik

pintu akustik peredam suara studio musik

Pintu akustik studio musik

Begitu juga dengan plafon (langit-langit), perlu diberikan material insulasi suara juga agar suara isntrumen dan penyanyi tidak bocor keluar ruangan. Plafon di sini, dilapisi dengan material insulasi Acourete Silent Wall.

Acourete Silent Wall adalah bahan insulasi suara bernilai STC 19 dengan massa yang besar, berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berpropagasi melalui udara. Acourete Silent Wall terbuat dari polyvinyl chloride (PVC) daur ulang beserta beberapa material lain dan resin halus. Produk ini memiliki densitas 1.750 kg/m3 dengan panjang 4.880 mm, lebar 810 mm dan tebal 2 mm, serta memiliki massa 15 kg, mudah dipotong dengan utility knife dan dipasang dengan stapler gun. Metode pemasangan yang termudah adalah dengan menempelkan Acourete Silent Wall pada gypsum dengan stapler gun lalu dipasang pada rangka.

 

peredam suara acourete silent wall

Acourete Silent Wall

peredam suara plafon studio musik

Acourete Silent Wall terpasang pada plafon studio musik

Dan terakhir adalah peredam suara studio musik pada lantai. Nah, untuk mayoritas studio musik, peredam getaran pada lantai sangat diperlukan ya, Sobat Akustik!

Mengapa? Sudah pasti untuk meredam getaran yang dihasilkan dari dentuman drum dan subwoofer pada frekuensi rendah. Peredam getaran yang cukup mudah dalam pengaplikasiannya untuk lantai studio musik adalah Acourete Regupol Sonus Multi 3. Pemasangannya mudah, hanya dengan menggelarnya di lantai, kemudian bisa ditutup parquet atau karpet. Acourete Regupol Sonus Multi 3 (sebelumnya Acourete Regupol 4515) merupakan material peredam getaran yang cocok untuk mengatasi masalah getaran yang ditimbulkan oleh suara langkah kaki, suara subwooferbass drum, yang dapat memberikan dampak berupa benturan atau getaran pada struktur bangunan. Acourete Regupol Sonus Multi 3 berbahan dasar gabus. Dengan bahan tersebut, Regupol Sonus Multi 3 mampu bekerja efektif lebih dari 20 tahun untuk mengurangi kebisingan akibat benturan (impact noise) hingga 5-40 dB pada rentang frekuensi 400-3150 Hz.

regupol sonus multi 3 peredam getaran underlayer

Acourete Regupol Sonus Multi 3 – Peredam Getaran Lantai Acoustics Underlayer

peredam suara lantai studio musik

Acourete Regupol Sonus Multi 3 terpasang pada lantai studio musik

Nah, begitulah kira-kira hal-hal yang perlu diperhatikan saat ingin membangun studio musik yang ciamik. Semoga memberikan insight bagi Sobat Akustik yang ingin membangun studio musik di rumah.

Kami telah membuat buku “Teori & Aplikasi Akustika Bangunan”, termasuk di dalamnya ada rekomendasi-rekomendasi sistem insulasi suara (cara meredam kebisingan) yang tepat untuk ruangan Anda. Silakan unduh e-book-nya secara GRATIS di

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

Bagikan Portofolio :

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
WhatsApp
Email

Unduh Company Profile kami secara gratis disini